DITJEN PERHUBUNGAN UDARA GELAR VAKSINASI 1200 PILOT DAN AWAK KABIN UNTUK PERCEPATAN IMUNITAS INDONESIA

Kembali ke Beranda | Indeks Berita

Jakarta, (20/5/2021) Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Ikatan Pilot Indonesia (IPI) dan BLU Balai Kesehatan Penerbangan, menyelenggarakan vaksinasi untuk Air Crew pada tanggal 19 - 23 Mei 2021 bertempat di Kantor Balai Kesehatan Penerbangan.

 

Guna mencegah mata rantai penyebaran Covid-19, Balai Kesehatan Penerbangan akan melaksanakan vaksinasi terhadap Air Crew yaitu Pilot, Cabin Crew, Flight Operation Officer, Engineer serta Helicopter Landing Officer yang ditargetkan akan mencapai 1200 orang selama 5 hari pelaksanaan oleh 4 tim vaksinator.

 

Kegiatan yang dihadiri oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto, Ketua IPI Capt. Iwan Setyawan dan Kepala Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan selaku Ketua Satgas Covid-19 Kementerian Perhubungan Sigit Irfansyah ini sejalan dengan program pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi.

 

Dirjen Perhubungan Udara menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi ini adalah momen untuk meningkatkan pelayanan prima sekaligus memberikan jaminan rasa nyaman terhadap masyarakat pengguna jasa transportasi udara, "Ini menjadi momen yang sangat baik untuk mendukung pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi khususnya terhadap para pilot dan awak kabin yang secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna transportasi udara", jelas Novie.

 

"Dengan adanya percepatan vaksinasi ini diharapkan agar seluruh Air Crew yang melayani masyarakat secara langsung mendapatkan proteksi dengan baik untuk mencegah penularan Covid-19 sehingga penyebarannya dapat kita tekan", tambah Novie.

 

Di sela acara Ketua Ikatan Pilot Indonesia menambahkan, "Kegiatan ini ditujukan kepada Air Crew meliputi Pilot, Pramugari, Pramugara dan Enginer Onboard yang belum melakukan vaksinasi untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi", ujar Iwan.

 

Melalui kesempatan ini, Dirjen Perhubungan Udara mengingatkan bahwa setelah kegiatan vaksinasi ini selesai agar masyarakat senantiasa tetap menjalankan protokol kesehatan secara baik, "Kami kembali mengingatkan bagi seluruh masyarakat agar tetap mengedepankan protokol kesehatan yaitu dengan menerapkan 5 M, Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Membatasi mobilitas untuk meminimalisir penyebaran Covid-19", tutup Novie.

Sistem Pelaporan Sukarela (Voluntary Reporting System)
Kementerian Perhubungan (VRS)

Merupakan Sistem Database Keselamatan Penerbangan Nasional untuk mendukung Program Keselamatan Penerbangan Nasional / State Safety Programme (SSP) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.