Pemkab Manokwari Serahkan Tanah untuk Pengembangan Bandara Rendani

Kembali ke Beranda | Indeks Berita

Jakarta (25/1) - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) melakukan serah terima Barang Milik Daerah (BMD) Kabupaten Manokwari di Propinsi Papua pada Rabu (25/1) bertempat di Gedung Karsa Kementerian Perhubungan. Serah terima BMD berupa tanah yang terletak di Bandara Rendani seluas 55.200 m2 yang selanjutnya akan dikembangkan untuk menunjang operasional Bandara Rendani.

Mewakili Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Sekretaris Direktur Jenderal Nafhan Syahroni, memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah Kabupaten Manokwari. “Dukungan dari pemerintah daerah sangat penting dalam pengembangan bandara. Untuk itu Kami berterima kasih khususnya kepada Bupati Manokwari yang telah hadir dan aktif bersinergi dengan Kementerian Perhubungan dalam rangka pengembangan Bandara Rendani," ujar Nafhan.

Nafhan menuturkan bahwa rencananya akan dilakukan pengembangan operasional di Bandara Rendani. “Prioritas utama adalah pengembangan pada sisi darat, seperti gedung terminal baru dan area parkir, untuk itu Kami memohon bantuan Bupati Manokwari terkait relokasi warga pada lahan tersebut. Selain itu nantinya akan dilakukan perpanjangan _runway_ dari eksisting sekarang 2000 m x 45 m akan dikembangkan tahap pertama menjadi 2300 m x 45 m," jelas Nafhan.

Dengan adanya dukungan pemerintah daerah Kabupaten Manokwari ini tentunya dapat mempercepat proses pengembangan Bandara Rendani, sehingga akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar.

Selanjutnya Nafhan mengharapkan kepada pemerintah daerah Kabupaten Manokwari untuk dapat membantu melakukan kerja sama dengan _stakeholder_ penerbangan lainnya agar dapat meningkatkan konektivitas ke daerah lain seperti ke Fakfak, Kaimana, Nabire dan daerah lainnya melalui Bandara Rendani.

"Harapannya penerbangan di Bandara Rendani dapat berkelanjutan sehingga memberikan dampak positif kepada masyarakat terutama di daerah terpencil, tertinggal, terluar dan perbatasan (3TP)," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Manokwari, Hermus Indou turut memberikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan khususnya Ditjen Hubud, atas kolaborasi yang baik guna mengembangkan Bandara Rendani. "Bagi kami pengembangan Bandara Rendani ini penting karena menjadi salah satu pintu masuk menuju ke Papua. Mempunyai bandara yang bagus, indah, modern, dan aman tentunya akan memberi dampak positif dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Manokwari," ujarnya. (IT/NF/MK)

Sistem Pelaporan Sukarela (Voluntary Reporting System)
Kementerian Perhubungan (VRS)

Merupakan Sistem Database Keselamatan Penerbangan Nasional untuk mendukung Program Keselamatan Penerbangan Nasional / State Safety Programme (SSP) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.