|   English
Informasi Terkini


Jum'at, 6 April 2018
MEMAHAMI SECARA DINI PENYIAPAN KESELAMATAN PENERBANGAN, DITJEN PERHUBUNGAN UDARA AJAK SOBAT AVIASI LAKUKAN BLOGTRIP KE GITC
(Jakarta, 06/ 04/ 2018) Menindaklanjuti acara "Sobat Aviasi Akademi Blogger" yang diadakan oleh Bagian Kerjasama dan Humas  Ditjen Perhubungan Udara bekerjasama dengan Kompasiana di Tangerang pada 24 s.d 25 Maret lalu, hari Kamis (05/04) para Blogger Sobat Aviasi tersebut diajak untuk melakukan BlogTrip ke Garuda Indonesia Training Center (GITC) di Duri Kosambi, Jakarta Barat.

BlogTrip bertujuan untuk memperkenalkan secara nyata pada para Blogger Sobat Aviasi  tentang pelatihan para awak pesawat baik pilot maupun awak kabin (pramugari/ pramugara) terkait penyiapan secara dini keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

Pada BlogTrip kali ini, para Blogger didampingi oleh Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso dan disambut oleh Direktur Produksi Garuda Indonesia Puji Nur Handayani, Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt. Triyanto Moeharsono serta Kepala GITC Capt. Martinus Kayadu.

Menurut Agus Santoso, sesungguhnya keselamatan, keamanan dan pelayanan kenyamanan penerbangan pada penumpang pesawat salah satunya dimulai dari training center. Dari sini para flight operation officer (FOO) dan pilot serta aircrew dididik dan dilatih untuk merencanakan dan menerbangkan pesawat dengan baik dan benar sesuai aturan dan prosedur standar operasi yang sudah ditetapkan. Serta dilakukan pendidikan dan pelatihan para awak kabin untuk membantu penumpang terkait keselamatan dan pelayanan penerbangan.

"Training center adalah sesuatu hal yang esensial karena terkait dengan keselamatan penerbangan. Namun keberadaannya belum banyak diketahui ataupun mendapat perhatian oleh masyarakat. Untuk itu saya meminta para Blogger SobatAviasi untuk ikut mensosialisasikan keberadaan dan fungsinya kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat memahami bahwa keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan itu dipersiapkan secara dini dari berbagai elemen dan sungguh-sungguh. Jadi kalau ada kejadian delay, divert dan lainnya yang disebabkan oleh fenomena alam, masyarakat mengerti dan memahami apa yang sesungguhnya terjadi, karena alam tidak bisa dilawan hanya saja manusia berupaya memitigasi" ujarnya.

Selaku regulator penerbangan, Agus menyatakan bahwa pihaknya selalu concern terkait keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan dengan membuat dan mengawasi peraturan serta mempersiapkan sumber daya manusia penerbangan sehingga sesuai dengan aturan internasional dan berkompeten serta mampu bekerja di lapangan dengan baik dan benar. Menurut Agus, training center juga diatur dalam Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil part 142 tentang Certification and operating requirements for training centers.

Saat ini keselamatan penerbangan Indonesia sudah jauh diatas melebihi standar rata-rata global audit USOAP dari Organisasi Penerbangan Internasional ICAO. Untuk itu hal tersebut harus dipertahankan dengan memberikan pemahaman terkait keselamatan penerbangan pada para stakeholder, termasuk masyarakat. Agus berharap para Blogger Sobat Aviasi ini bisa turut serta memberikan pemahamam tersebut melalui tulisan, vlog dan lainnya dengan sajian yang lebih mudah dipahami masyarakat.

Sementara itu Direktur Produksi Garuda Indonesia Puji Nur Handayani mengaku bangga dikunjungi oleh para Blogger Sobat Aviasi ini.

"Semoga kegiatan kunjungan ini dapat memberikan manfaat khususnya terkait pengembangan  penerbangan nasional kita. Berita-berita yang membanggakan dan membangun harus disosialisasikan pada masyarakat sehingga dapat memajukan penerbangan kita," ujarnya.

Pada acara BlogTrip ini, para Blogger Sobat Aviasi mengunjungi flight operation center dan melihat secara langsung pelatihan pilot di simulator pesawat. Selain itu juga melihat pelatihan awak kabin terkait pelayanan penyajian makanan serta penyelamatan saat keadaan darurat di perairan. (HUMAS)
Informasi Lain
Kamis, 9 Agustus 2018
PELAYANAN PENERBANGAN DI MALANG DAN BANYUWANGI TETAP BEROPERASI NORMAL PASCA GEMPA MALANG
Jakarta - Pasca gempa bumi berkekuatan 5,2 SR pada Rabu (08/08) siang yang mengguncang Barat Daya Kabupaten Malang Bandara Malang dan Banyuwangi ... selengkapnya
Selasa, 7 Agustus 2018
CEGAH NARKOBA, DITJEN HUBUD SOSIALISASIKAN PERANG LAWAN NARKOBA PADA PERSONIL PENERBANGAN
Cengkareng - Dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba pada sektor penerbangan, Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. ... selengkapnya
Minggu, 5 Agustus 2018
PENERBANGAN DI BALI DAN NTB TETAP NORMAL PASCA GEMPA DI LOMBOK UTARA
Jakarta - Pasca gempa di Lombok Utara berkekuatan Mag 7.0 SR pada hari ini pukul 19:46:35 WITA, sektor penerbangan di Bali dan Nusa Tenggara Barat ... selengkapnya