Pesawat Angkut Kargo Susi Air Mengalami Insiden Di Bandara Aminggaru Ilaga

Beranda Berita Pesawat Angkut Kargo Susi Air Mengalami Insiden Di Bandara Aminggaru Ilaga

Pesawat Angkut Kargo Susi Air Mengalami Insiden Di Bandara Aminggaru Ilaga

Humas DJPU

Sabtu, 31 Desember 2016

JAKARTA - Pesawat Angkut Kargo Susi Air Mengalami Insiden Di Bandara Aminggaru Ilaga.
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara membenarkan adanya insiden pesawat  keluar landasan pacu (overrun) di Bandara Aminggaru Ilaga- Papua , pagi ini (31/12) sekitar pukul 07.36 WIT. Pesawat tipe Pilatus Porter PC-06 dengan nomor registrasi PK-BVM tersebut dioperasikan oleh maskapai Susi Air.
Menurut Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agoes Soebagio, pesawat dengan Pilot In Command (PIC) Captain James Davis tersebut berangkat dari Timika menuju Ilaga dengan mengangkut kargo tanpa penumpang. “Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Pilot dalam keadaan selamat,” ujar Agoes.
Dari data yang dihimpun, kronologis insiden adalah sebagai berikut:
22.21 UTC atau 07.21 WIT : kontak pertama pesawat dengan illaga, dengan jarak 2NM dari illaga PZ, illaga menginformasikan bahwa kondisi cuaca angin calm (lecepatan 0-5NM), jarak pandang 3-4 Km, kabut di sekitar baseleg runway 25.
22.33 UTC atau 07.33 WIT: PK BVM melaporkan posisi di left downwind runway 25.
22.35 UTC atau 07.35 WIT : PK- BVM melaporkan posisi di final RWY 25.
22.36 UTC atau 07.36 WIT : PK BVM mendarat secara normal sebelum aimin point, setelah melewati aiming point pesawat pesawat melintir ke arah kanan runway 25, sayap sebelah kanan membentur sisi runway dan kemudian diikuti sayap sebelah kiri, dan baling2.
Saat ini Bandara Aminggaru Ilaga yang terletak di Kabupaten Puncak, Papua mempunyai landas pacu sepanjang 600 meter. Pesawat yang beroperasi di bandara ini hanya sejenis Cessna Grand Caravan dengan penerbangan carter sebanyak 20-40 penerbangan per hari.
Pemerintah melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada saat berkunjung pada 22 September lalu berkomitmen untuk mengembangkan bandara ini.  Di antaranya akan menambah panjang  landasan pacu menjadi 1.600 meter. Dengan demikian keselamatan dan keamanan penerbangan di Bandara Aminggaru Ilaga akan meningkat. Dan bandara akan dapat melayani penerbangan pesawat yang lebih besar, sejenis ATR 42 dan 72.
Bandara Aminggaru Ilaga juga disiapkan untuk menunjang Tol Udara yang telah dicanangkan Kementerian Perhubungan untuk wilayah Papua. Dengan tol udara tersebut, transportasi orang dan barang khususnya di pedalaman Papua diharapkan akan lebih lancar. Dengan demikian harga bahan pokok akan semakin murah dan perekonomian serta pariwisata di Papua, termasuk Kabupaten Puncak akan meningkat.
(HMS)

Kategori

Sistem Manajemen Pengaduan Kementerian Perhubungan (SIMADU)
Sistem Pelaporan Sukarela (Voluntary Reporting System) Kementerian Perhubungan (VRS)

Merupakan Sistem Database Keselamatan Penerbangan Nasional untuk mendukung Program Keselamatan Penerbangan Nasional / State Safety Programme (SSP) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Gambar Uphold
  • Belum ada agenda yang akan datang

Copyright © 2024 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. All Rights Reserved.