Bandara Sepinggan Pastikan Layanan Haji Terus Optimal

Beranda Berita Bandara Sepinggan Pastikan Layanan Haji Terus Optimal

Bandara Sepinggan Pastikan Layanan Haji Terus Optimal

Humas DJPU

Selasa, 18 Juli 2023

Gambar Artikel Bandara Sepinggan Pastikan Layanan Haji Terus Optimal

Balikpapan (18/7/2023) - Sebanyak 297 jemaah haji kelompok terbang (kloter 8) telah tiba di Bandar Udara Sepinggan Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.
Jemaah haji tiba menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus 330-900 Neo pada Senin (17/7) dari Bandara Internasional Raja Abdulaziz (JED) dan sampai di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan (BPN) pukul 21.01 WITA.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan memastikan para jemaah mendapatkan pelayanan optimal khususnya para lansia yang membutuhkan kursi roda dan bantuan petugas haji.

"Proses penurunan jemaah haji dari pesawat menuju bus yang berada di service road apron bandara, dilakukan secara tertib dengan mengatur antrian sehingga jemaah haji merasa nyaman. Antrian tersebut juga mencegah terjadinya kerumunan atau penumpukan di apron bandara," ucap Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan Endah Purnama Sari.

Koordinasi dan kolaborasi intensif terus dilakukan dengan kementerian/lembaga dan stakeholder penerbangan seperti Angkasa Pura I, Garuda Indonesia, Bea dan Cukai, Kantor Imigrasi dan terutama Kementerian Agama Wilayah Kalimantan Timur sebagai leader penyelenggara embarkasi haji Balikpapan.

Endah menambahkan agar pelaksanaan haji 2023 dengan tema Ramah Lansia terselenggara dengan baik maka penyediaan fasilitas pelayanan kursi roda, personel tambahan, hingga ambulance menjadi perhatian khusus.

"Kami juga pastikan seluruh proses Custom, Immigration, Quarantine (CIQ) dilakukan di Embarkasi Balikpapan, untuk menjaga kelancaran mobilitas jemaah haji," ujar Endah.

Masih terdapat 13 kloter haji yang akan kembali ke Indonesia melalui Bandara Sepinggan dari total 21 kloter yang berangkat pada tahun ini. (PW/NF/MK)

Kategori

Sistem Manajemen Pengaduan Kementerian Perhubungan (SIMADU)
Sistem Pelaporan Sukarela (Voluntary Reporting System) Kementerian Perhubungan (VRS)

Merupakan Sistem Database Keselamatan Penerbangan Nasional untuk mendukung Program Keselamatan Penerbangan Nasional / State Safety Programme (SSP) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Gambar Uphold
  • Belum ada agenda yang akan datang

Copyright © 2024 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. All Rights Reserved.