Ditjen Hubud Apresiasi Kembalinya Penerbangan Langsung di Bandara Kalimarau

Beranda Berita Ditjen Hubud Apresiasi Kembalinya Penerbangan Langsung di Bandara Kalimarau

Ditjen Hubud Apresiasi Kembalinya Penerbangan Langsung di Bandara Kalimarau

Humas DJPU

Rabu, 06 September 2023

Gambar Artikel Ditjen Hubud Apresiasi Kembalinya Penerbangan Langsung di Bandara Kalimarau

Berau (6/9/2023) - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan menyambut baik diaktifkan kembali penerbangan langsung (direct) dari/ke Bandara Kalimarau di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Maskapai Batik Air dengan rute penerbangan Bandara Soekarno-Hatta (CGK) - Bandara Kalimarau (BEJ) pergi pulang dan Bandara Juanda (SUB) - Bandara Kalimarau (BEJ) pergi pulang mulai hari ini, Rabu (6/9).

Ikut serta dalam penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Kalimarau yakni Bupati Berau, Wakil DPRD Berau, Kepala Kejaksaan Negeri Berau dan Kepala Bandara Kalimarau.

Penerbangan ini tentunya sebagai pertanda mulai bangkitnya industri penerbangan nasional dengan dibukanya akses langsung penerbangan dari/ke Kabupaten Berau dan sekitarnya. Selain itu penerbangan ini akan mempermudah konektivitas dan mobilitas para pengguna jasa transportasi udara dan diharapkan akan memberikan dampak kepada pariwisata dan perdagangan.

Ditempat terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni menyampaikan apresiasi kepada pemerintahan daerah Berau serta stakeholder penerbangan atas dukungan dan peran aktifnya untuk menghidupkan kembali rute penerbangan yang sempat terhenti sebelumnya karena pandemi Covid-19.

"Ini bisa menjadi contoh kolaborasi yang baik dan semoga makin banyak pemda yang berperan aktif mendukung operasional penerbangan di wilayahnya," ujar Kristi.

Dengan hadirnya penerbangan direct flight ini, Kristi menuturkan konektivitas antar kota dan menuju daerah wisata disekitarnya, otomatis menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga diharapkan dapat menstimulus rute penerbangan lainnya.

"Kami berharap, dukungan dan kerja sama pemda dan stakeholder penerbangan dapat terus ditingkatkan. Karena Kemenhub tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dari Pemda, operator penerbangan dan pihak terkait lainnya," jelasnya.

Bupati Berau, Sri Juniarsih yang turut hadir menyambut kedatangan penerbangan langsung dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Berau menyambut baik dengan terselenggaranya kembali penerbangan ini.

“Kami percaya bahwa kehadiran maskapai Batik Air secara direct dari Jakarta dan Surabaya akan memberikan akses transportasi yang lebih mudah, sehingga akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Berau,” ucap Sri.

Kepala Bandar Udara Kalimarau, Ferdinand Nurdin menyampaikan terima kasih atas dukungan pemda dan stakehoder penerbangan sehingga rute penerbangan ini bisa aktif kembali.

"Mari kita manfaatkan keberadaan bandara di Kabupaten Berau ini dengan sebaik-baiknya. Dengan mengembangkan dan mempromosikan potensi daerah yang ada, maka akan makin banyak pertumbuhan penumpang di Kabupaten Berau," jelas Ferdinan. (RNC/NF/MK)

Kategori

Sistem Manajemen Pengaduan Kementerian Perhubungan (SIMADU)
Sistem Pelaporan Sukarela (Voluntary Reporting System) Kementerian Perhubungan (VRS)

Merupakan Sistem Database Keselamatan Penerbangan Nasional untuk mendukung Program Keselamatan Penerbangan Nasional / State Safety Programme (SSP) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Gambar Uphold
  • Belum ada agenda yang akan datang

Copyright © 2024 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. All Rights Reserved.