Kemenhub Cek Persiapan Bandara Soekarno-Hatta

Beranda Berita Kemenhub Cek Persiapan Bandara Soekarno-Hatta

Kemenhub Cek Persiapan Bandara Soekarno-Hatta

Humas DJPU

Sabtu, 09 Maret 2024

Gambar Artikel Kemenhub Cek Persiapan Bandara Soekarno-Hatta

Jakarta (09/03/2024) - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan M. Kristi Endah Murni, Jumat (8/3) kemarin siang melakukan pengecekan dan pemantauan langsung ke terminal 1, 2 dan 3 Bandara Internasional Soekarno - Hatta dalam rangka libur panjang dan Angkutan Udara Lebaran (angleb) 1445H/2024M.

Berdasarkan hasil monitoring secara keseluruhan berjalan aman dan lancar. Di area drop off dirinya mengamati adanya peningkatan antrian akibat lonjakan penumpang saat peak season.

"Data terkini mulai terjadi lonjakan penumpang, terdapat sebanyak 998 penerbangan yang berlangsung dengan jumlah 161.682 penumpang," ujar Kristi.

Mengatasi lonjakan penumpang tersebut, Kristi memerintahkan agar petugas bandara di area drop off ditambah guna menghindari antrian panjang. Selain itu sebagian besar counter check-in saat ini akan difungsikan hanya sebagai tempat untuk meletakkan bagasi.

“Penumpang dapat melakukan check-in secara online dan self check-in melalui mesin yang tersedia. Selain itu perlu penempatan petugas yang membantu penumpang yang masih membutuhkan bantuan. Diharapkan hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi antrian,” jelasnya.

Kristi juga menyempatkan mengecek fasilitas toilet di area publik yang akan banyak dipergunakan oleh penumpang. "Sangat penting memastikan fasilitas toilet berfungsi dengan baik dan menjaga kebersihannya," ungkap Kristi.

Saat peninjauan, Kristi didampingi oleh para Direktur Teknis di lingkungan Ditjen Hubud dan Kepala Otoritas Bandara Wilayah I melanjutkan peninjauan ke area boarding lounge, dan terminal 2 yang sedang direhab, khusus untuk terminal umrah. Secara keseluruhan semua prosedur penerbangan berjalan aman terkendali dan fasilitas bandara berfungsi optimal.

"Saya himbau menjelang angkutan udara lebaran, agar semua pihak dapat berkolaborasi dan sinergi untuk memastikan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman," pungkasnya. (IT/NF/MK)

Kategori

Sistem Manajemen Pengaduan Kementerian Perhubungan (SIMADU)
Sistem Pelaporan Sukarela (Voluntary Reporting System) Kementerian Perhubungan (VRS)

Merupakan Sistem Database Keselamatan Penerbangan Nasional untuk mendukung Program Keselamatan Penerbangan Nasional / State Safety Programme (SSP) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Gambar Uphold
  • Belum ada agenda yang akan datang

Copyright © 2024 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. All Rights Reserved.