Kemenhub Sosialisasikan Pelayanan Penerbitan Sertifikat Ahli Perawatan Pesawat Udara Secara Online

Beranda Berita Kemenhub Sosialisasikan Pelayanan Penerbitan Sertifikat Ahli Perawatan Pesawat Udara Secara Online

Kemenhub Sosialisasikan Pelayanan Penerbitan Sertifikat Ahli Perawatan Pesawat Udara Secara Online

Humas DJPU

Jumat, 11 Oktober 2024

Gambar Artikel Kemenhub Sosialisasikan Pelayanan Penerbitan Sertifikat Ahli Perawatan Pesawat Udara Secara Online

Tangerang (11/10/2024) - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik untuk mensosialisasikan Pelayanan yang Penerbitan Sertifikat Ahli Perawatan Pesawat Udara (PEL Online).

Sosialisasi dengan tema Penggunaan Tanda Tangan Elektronik dan Pembacaan Barcode Berbasis Aplikasi pada Kamis (11/10) kemarin di Gedung Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Udara, Tangerang. Pertemuan ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kompetensi personil penerbangan terutama bagi personil perawatan pesawat.

Mewakili Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Kepala Sub Direktorat Lisensi Personil Perawatan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Capt. Win Warsono menyampaikan bahwa implementasi pelayanan online dapat mempersingkat waktu layanan.

“Dengan adanya PEL Online, diharapkan Ditjen Hubud dapat memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi operator penerbangan, sehingga dapat memperpendek waktu layanan, mudahnya persuratan dan membuat kepastian hukum agar tercipta pelayanan prima terhadap operator penerbangan,” ujar Capt. Win.

Lebih lanjut Capt. Win menjelaskan pada forum ini, Ditjen Hubud ikut melibatkan unsur publik selaku penerima layanan publik dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

"Sinergi dan kolaborasi antara Ditjen Hubud dan stakeholder penerbangan diperlukan agar program-program layanan publik dapat berjalan optimal dan menjamin operasional penerbangan dilakukan sesuai dengan standar keselamatan yang tinggi," katanya.

“Kita berharap, forum ini dapat menjadi ajang sosialisasi sehingga dapat mempermudah para personil perawatan pesawat udara untuk memperoleh license. Selain itu, dengan pelibatan stakeholder pada forum ini dapat menjadi ajang tukar pikiran dalam proses peningkatan dan pengembangan PEL Online tersebut,” ujarnya.

Turut hadir pada Forum Konsultasi Publik ini unsur Perusahaan Angkutan Udara, Perusahaan Pemeliharaan Pesawat Udara dan lembaga pendidikan pelatihan perawatan pesawat udara dengan menghadirkan narasumber dengan topik Pengunaan Tanda Tangan Elektronik, Pembacaan Barcode berbasis Aplikasi dan Format Baru Kertas License yang dipaparkan Erlana Ichsan selaku Ketua Tim Personil Perawatan Pesawat Udara dan Dedy Gustianto selaku inspektur kelaikan keudaraan yang memberikan materi tentang Optimalisasi Aplikasi Pelayanan.(RA/NF/MK)

Kategori

Sistem Manajemen Pengaduan Kementerian Perhubungan (SIMADU)
Sistem Pelaporan Sukarela (Voluntary Reporting System) Kementerian Perhubungan (VRS)

Merupakan Sistem Database Keselamatan Penerbangan Nasional untuk mendukung Program Keselamatan Penerbangan Nasional / State Safety Programme (SSP) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Gambar Uphold
  • Belum ada agenda yang akan datang

Copyright © 2024 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. All Rights Reserved.